Apr 14, 2011

» Solusi Hardware NOKIA 6630

Hardware Solution Nokia 6630
Mendeteksi kerusakan pada ponsel langkah awal yang perlu kita lakukan adalah mengenali kerusakan, permasalahan yang sering kali terjadi adalah permasalahan pada switch on/off, LCD, charging, MMC, speaker. Permasalahan tersebut akan kita bahas dengan beberapa type ponsel dan berbagai solusinya.
Switch on/off
Bila terjadi kerusakan pada switch on/off, dan Z4401 (emif) terlihat rusak secara fisik, maka yang perlu dilakukan hanya mengganti kedua komponen tersebut,

power on lay 6630
namun apa bila kedua komponen tersebut tidak mengalami kerusakan secara fisik, maka periksa R4406 dengan nilai 3,2Volt, apabila nilai dari R4406 tidak sesuai maka lakukan penggantian Z4401(emif), karena permasalahan ini sering terjadi pada Z4401. dan apa bila terjadi kerusakan pada jalur atau biasanya dikenal dengan putus jalur maka lakukan penyambungan jalur dengan cara jumper.
power on diag 6630
——————-
power on skema 6630
berikut cara jumper. Lakukan jumper pada komponen R4406 apa bila jalur pada R4406 putus lakukan jumper pada Z4401.
Display
Bila terjadi kerusakan pada LCD langkah awal yang kita lakukan adalah membersihkan konektor dan coba ganti LCD yang lain,
lcd lkonektor 6630
setalah kitalakukan langkah awal permasalahan tersebut berhasil maka kita sudah mengetahui ternyata permasalahan hanya pada LCD, bukan kerusakan lain. Namun apabila setelah kita melakukan penggantian LCD masih ada permasalahan, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah, ukur tegangan VIO dan VAUX bernilai 1.8VOLT.
lcd diag 6630
——————-
lcd skema 6630
——————-
lcd lay 6630
bila nilai dari kedua jalur tersebut sesuai maka lakukan penggantian pada Z4402 dan Z4403.dan apabila permasaalahan tersebut masih berlanjut maka yang perlu di lakukan adalah lakukan perbaikan pada tegangan VIO dan VAUX bila terjadi putus jalur maka lakukan jumper dari kaki konektor LCD.
Berikut cara jumper LCD, apabila terjadi putus jalur disalah satu kaki konektornya
lcd jumper 6630
CHARGING
Berikut permasalahan yang sangat sering kita jumpai, langkah awal dari permasalahan ini adalah ganti batrai, apabila permasalahan tetap berlanjut, maka yang perlu kita lakukan adalah memeriksa pada saat ponsel dihubungkan dengan carger apakah ada respon, bila tidak ada respon maka langkah yang perlu kitalakukan adalah periksa dan ganti X2000, C2000, C2012, F2000, L2000 dan V2000, dan IC TAHVO.
carger diag 6630
——————-
carger skema 6630
——————-
carger lay6630
Berikut cara jumper
carger jumper 6630
MMC
Seringkali ponsel yang mengunakan fitur multimedia selalu bermasalah pada MMC yang tida terbaca, permasalahan tersebut bias diakibatkan dari MMC yang telah rusak, maka langkah awal yang perlu kita lakukan adalah coba ganti dengan MMC lain yang normal, apabila permasalahan tersebut sudah teratasi maka kerusakan tersebut hanya pada MMC, dan permasalahan ini biasanya terjadi kerusakan pada SWITCH penutup MMC, namun apabila permasalahan masih berlanjut maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan ada memeriksa jalur dari konektor MMC, ukur tegangan dari C5200 bernilai 1,8VOLT, apa bila C5200, nilainya masih sesuai maka lakukan pemeriksaan pada konektor MMC lakukan penggantian apa bila telah rusak.
MMC switch
Apabila SWITCH MMC dan konektor MMC tidak mengalami kerusakan maka kerusakan terjadi pada R5200, maka lakukan penggantian komponen tersebut.
MMC diag
——————-
mmc skema
Berikut cara jumper jalur yang putus pada konektor MMC.
mmc jumper
Speaker
Permasalahan ini biasanya hanya terjadi pada speaker yang memang sudah rusak, apabila memang benar setelah kita periksa hanya speaker yang rusak maka lakukan penggantian pada speaker tersebut.sama halnya dengan kerusakan diatas apabila kerusakan tersebut bukan pada speaker maka langkah selanjutnya lakukan pemeriksaan pada jalur speaker, periksa dari komponen C2103, C2104, L2100, namun apabila komponen atau jalur speaker tidak mengalami permasalahan, dapat dipastikan kerusakan tersebut diakibatkan  IC RETU yang rusak.
speaker diag
——————-
speaker skema
——————-
speaker lay
Berikut cara jumper untuk speaker yang putus jalur
speaker jumper
Semoga bermanfaat


Artikel Terkait:

eXTReMe Tracker