Apr 15, 2011

» Solusi Hardware NOKIA 5500

Nokia 5500 Hardware solution
Berbagai macam kerusakan yang pernah dialami oleh beberapa type ponsel dan dari semua permasalahan kebanyakan menyerupai kerusakannya. AUDIO, NOT CHARGING, dari semua permasalahan tersebut tidak menutup kemungkinan permasalahan ini bisa dialami pada type nokia 5500 juga.berikut ini solusi hardware untuk Nokia 5500.
Seperti biasa langkah awal yang perludilakukan adalah,memeriksa apakah, MIC, EARPIECE, dan IHF SPEAKER, mengalami kerusakan, apabila diketahui kerusakan tersebut bersumber hanya dari MIC, EARPIECE, dan IHF SPEAKER, maka yang perlu kita lakukan hanya mengganti ketiga komponen tersebut.
Dan apabila permasalahan diketahui bukan dari ketiga komponen tersebut maka periksa jalur dari komponen, apakah ada jalur yang putus. apabila ada jalur yang putus maka yang harus kita lakukan adalah menyambung kembali jalur yang putus tersebut dengan cara JUMPER,dan apabila jalur tersebut tidak mengalami kerusakan berarti permasalahan tersebut terjadi pada IC.
MICROPHONE
Biasanya permasalahan dari mikrophone disebabkan dari R2100 yang rusak.maka lakukan penggantian komponen R2100, dengan komponen yang baru.

mic 5500 skema
———————————-
mic 5500 diag
Apabila diketahui permasalahan ada jalur yang putus maka lakukan penyambungan jalur dengan cara JUMPER,Berikut cara jumper MICROPHONE
mic 5500 jumper
EARPIECE
permasalahan ini sering kali terjadi putus  jalur, maka periksa jalur jalur pada EARPIECE. Apabila jalur tidak bermasalah maka permasalahan tersebut terjadi pada IC RETU.
earpiece skema
———————-
earpiece diag N82
apabila permasalahan tersebut diakibatkan dari jalur yang putus, maka lakukan JUMPER, dan berikut cara JUMPER pada EARPIECE.
earpiece jumper N82
SPEAKER
Apabila terdapat jalur yang putus maka lakukan penyambungan jalur dengan cara JUMPER, Berikut cara JUMPER IHF SPEAKER
IHF SPEAKER
——————————————-
IHF SPEAKER diag
——————————————-
IHF SPEAKER JUMPER
CHARGING
Permasalahan ini biasanya terjadi hanya pada baterai yang rusak,maka langkah awal untuk memriksa coba ganti dengan baterai yang lain, apabila setelah baterai diganti permasalahan sudah teratasi berarti permasalahan tersebut hanya terjadi pada baterai yang rusak. Dan apabila setelah melakukan penggantian baterai permasalahan tersebut masih tetap gagal proses pengisian, maka lakukan pemeriksaan pada jalur, apakah terdapat jalur yang putus.setelah diketahui permasalahan hanya pada jalur yang putus maka lakukan penyambungan pada jalur dengan cara JUMPER
Skema Charging
CHARGING skema
———————-
Diagram Charging
CHARGING diag
Dan apabila permasalahan CHARGING disebabkan ada jalur yang putus maka lakukan JUMPER, dan berikut cara JUMPER untuk CHARGING
CHARGING JUMPER
Semoga bermanfaat


Artikel Terkait:

eXTReMe Tracker